RSS

Kegiatan mahasiswa

February 10

Kegiatan formal mahasiswa PS Biologi Tumbuhan meliputi kegiatan-kegiatan akademik yang telah ditentukan dalam kurikulum PS Biologi Tumbuhan antara lain kuliah, praktikum, kolokium, seminar dan penelitian, sedangkan kegiatan non formal umumnya tidak berdiri sendiri, namun melibatkan komponen mahasiswa lain di SPs IPB. Kegiatan non formal dari mahasiswa pascasarjana PS Biologi Tumbuhan dapat dikategorikan ke dalam 2 kelompok, yaitu (1) kegiatan yang menginduk pada kelembagaan formal dan (2) kegiatan yang tidak menginduk pada kelembagaan formal.

B.3.1. Kegiatan yang Menginduk pada Kelembagaan Formal

Kelembagaan formal yang ada merupakan lembaga yang bernaung di bawah institusi, dalam hal ini SPs IPB. Pada tingkat institusi ada beberapa lembaga diantaranya adalah FORUM WACANA IPB dan HIMMPAS IPB. Forum Wacana IPB adalah lembaga mahasiswa formal internal kampus IPB yang berskala nasional dan juga dimiliki oleh beberapa perguruan tinggi lain di Indonesia. Sementara itu Himmpas adalah Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana IPB.

Melalui FORUM WACANA ini mahasiswa Pascasarjana IPB dapat berkomunikasi secara internal dengan jajaran pimpinan Pascasarjana, pimpinan IPB bahkan dengan pimpinan Lembaga-Lembaga Tinggi Negara. Melalui lembaga ini mahasiswa IPB yang aktif dapat bertukar fikiran, berdiskusi, melakukan seminar keilmuan dan akademik dengan mahasiswa lainnya, bahkan memberikan usulan-usulan kebijakan pada pemerintah pusat maupun daerah. Kepengurusan FORUM WACANA IPB berlangsung efektif selama satu tahun, sehingga setiap tahun dilakukan pergantian pengurus baru. Meskipun lembaga ini telah lama berdiri di IPB, namun tidak semua mahasiswa Pascasarjana IPB mau terlibat aktif dengan lembaga ini. Alasan utama biasanya adalah masalah kesibukan studi, sehingga waktu yang tersedia terbatas. Selain itu, mengingat bahwa sebagian besar mahasiswa pascasarjana telah berkeluarga, maka waktu senggang mereka umumnya dihabiskan bersama keluarga. Alasan lainnya adalah karena jangka waktu studi yang pendek, yaitu rata-rata hanya 2 tahun, sehingga pengenalan terhadap lembaga formal kampus sangat singkat.

Walaupun bersifat umum, kegiatan-kegatan yang dikoordinasi oleh HIMMPAS IPB lebih diarahkan pada kegiatan yang bersifat keagamaan. Hal ini terkait dengan pemenuhan kebutuhan kejiwaan dan keislaman dari mahasiswa Pascasarjana. Kegiatan yang rutin dilakukan, yang juga diikuti oleh sebagian mahasiswa pascasarjana PS Biologi Tumbuhan, adalah pengajian rutin pekanan bersama dosen di Masjid Alhurriyah IPB.

B.3.2. Kegiatan yang Tidak Menginduk pada Kelembagaan Formal

Selain kegiatan yang menginduk pada lembaga formal juga ada kegiatan yang tidak menginduk pada lembaga-lembaga tersebut. Kegiatan yang dimaksudkan di sini adalah kegiatan yang dilakukan secara kolektif oleh mahasiswa pascasarjana sendiri. Kegiatan tersebut meliputi belajar bersama, diskusi, atau bentuk-bentuk sosialisasi lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut penting untuk mendorong mahasiswa agar mampu meningkatkan kemampuan sosialnya selain kemampuannya mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian nantinya. Kegiatan nonformal ini juga merupakan media yang baik antara dosen dan mahasiswa pascasarjana di luar jalur akademis. Walaupun demikian kegiatan-kegiatan semacam ini masih jarang melibatkan dosen, karena kesibukan yang berbeda, sehingga sulit untuk mencocokkan waktunya.

 

Posted by on February 10, 2011 in Kemahasiswaan

Leave a comment

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *